PPKn Sekolah Menengah Atas Bagaimana cara memperkuat ketahanan nasional indonesia di era globalisasi

Bagaimana cara memperkuat ketahanan nasional indonesia di era globalisasi

Dalam menghadapi era globalisasi, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat ketahanan nasional Indonesia:

  • Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah Indonesia.
  • Mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia.
  • Menggunakan dan mencintai produk dalam negeri.
  • Bersikap selektif terhadap informasi dan kebudayaan yang berasal dari luar negeri,
  • Mengembangkan sikap toleransi untuk mencegah terjadinya konflik di dalam negeri.
  • Meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi.

Pembahasan

Globalisasi adalah suatu proses menyatunya seluruh negara yang ada di dunia karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memudakan manusia untuk melakukan interaksi dan komunikasi tanpa memperdulikan dimensi jarak dan juga waktu. Maka dari itu, salah satu efek dari globalisasi adalah seakan-akan menghilangnya batas kewilayahan suatu negara karena kemudahan akses informasi ini. Bahkan, dengan adanya kemajuan alat transportasi, seseorang bisa melakukan perjalanan lintas negara dengan sangat cepat dan sangat mudah. Hal inilah yang menjadi alasan dari globalisasi seringkali disebut dengan desa global.

Pada dasarnya, globalisasi adalah hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dengan globalisasi kita bisa mengakses informasi yang berbasis di luar negeri dan bisa dengan mudah melakukan komunikasi jarak jauh.

Berikut adalah beberapa dampak positif dari adanya globalisasi:

  • Kemudahan informasi: dengan berkembangnya teknologi informasi, kita bisa dengan sangat mudah melakukan pencarian informasi yang berbasis dari negara manapun di dunia dengan sangat cepat, mudah, dan juga akurat.
  • Kemudahan komunikasi: dengan berkembangnya teknologi komunikasi, kita bisa dengan sangat mudah dan cepat melakukan komunikasi jarak jauh. Salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi komunikasi adalah penemuan telepon.
  • Meningkatnya fasilitas kesehatan: dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, fasilitas kesehatan juga ikut mendapatkan manfaatnya. Perkembangan fasilitas kesehatan ini membuat ditemukannya obat-obat dan mesin yang bisa menyembuhkan penyakit yang tadinya tidak bisa disembuhkan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang tantangan Pancasila di era globalisasi

https://brainly.co.id/tugas/31752195

Materi tentang dampak negatif globalisasi

https://brainly.co.id/tugas/12821667

Materi tentang sikap selektif di era globalisasi

https://brainly.co.id/tugas/8126283

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: 3 - Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

Kode: 9.9.3

#AyoBelajar

[answer.2.content]